Posts

Ketahui Manfaat Yoga yang Bisa Turunkan Darah Tinggi

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

“Yoga merupakan salah satu olahraga yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kamu bisa melakukan beberapa pose yoga seperti child pose, sukhasana, hingga bridge pose.”

Hipertensi atau tekanan darah tinggi terjadi ketika tekanan darah mencapai 130/80 mmHg atau lebih. Kondisi ini bisa mempengaruhi siapa saja, termasuk generasi muda.

Jika tidak dikelola dengan baik, hipertensi dapat menimbulkan komplikasi serius, seperti gangguan jantung hingga. Oleh karena itu, penting untuk memantau dan mencegah hipertensi dengan gaya hidup sehat.

Salah satu cara efektif untuk menurunkan tekanan darah adalah melalui yoga. Yoga merupakan sebuah olahraga yang tidak hanya menenangkan pikiran, tetapi ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Simak ulasan mengenai manfaat yoga tersebut di sini.

Manfaat Yoga untuk Turunkan Darah Tinggi

Tekanan darah yang normal berada pada 120/80 mmHg. Pada kebanyakan kasus, penyebab tekanan darah tinggi memang jarang diketahui secara pasti.

Namun, ada beberapa kondisi yang dapat memicu seseorang mengalami hipertensi. Contohnya seperti hamil, gangguan ginjal, lanjut usia, dan riwayat keluarga dengan tekanan darah tinggi.

Selain itu, stres juga dapat memicu seseorang untuk melakukan kebiasaan yang meningkatkan risiko terjadinya hipertensi. Contohnya kebiasaan mengonsumsi alkohol, kebiasaan merokok, kurang beristirahat, dan jarang berolahraga. Untuk itu, mengelola tingkat stres menjadi cara untuk mengatasi dan mencegah darah tinggi.

Ada berbagai olahraga yang dapat kamu lakukan untuk mengelola tingkat stress dengan baik, salah satunya adalah olahraga yoga. Benarkah yoga mampu menurunkan hipertensi? 

Menurut para ahli, yoga menjadi salah satu aktivitas fisik yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Aktivitas fisik yang kamu lakukan secara rutin dapat mengatasi tekanan darah tinggi.

Di samping itu, melakukan yoga dapat melatih fisik dan mengatur berat badan agar tetap ideal. Dengan begitu, tekanan darah berangsur akan kembali normal. 

Selain itu, beberapa pose yoga juga melibatkan pernapasan yang tentunya dapat mengontrol tekanan darah serta melepaskan stres yang kamu alami. 

Tidak hanya tekanan darah bisa kembali normal, berbagai dampak positif juga dapat dirasakan dengan rutin melakukan olahraga yoga. 

Manfaat yoga lainnya, yaitu meningkatkan fleksibilitas, baik untuk kesehatan jantung dan peredaran darah, meningkatkan energi dan vitalitas, serta menjaga metabolisme tetap seimbang.

Selain dengan melakukan aktivitas olahraga, kamu juga bisa menggunakan obat hipertensi untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Pose Yoga yang Bisa Turunkan Darah Tinggi

Berikut beberapa pose yang bisa kamu coba untuk mendapatkan manfaat yoga yang menurunkan tekanan darah:

1. Child pose atau balsana

Pose yoga ini bisa mengurangi stres dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, sehingga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Sukhasana atau easy pose

Pose yoga ini membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan membuat pikiran menjadi damai dan mengurangi stres. Pikiran yang rileks bisa mendorong tubuh yang sehat. Selain itu, asana ini juga bermanfaat untuk meregangkan punggung dan leher.

3. Shavasana

Pose yoga ini benar-benar bertujuan untuk relaksasi. Manfaat yoga melalui pose shavasana, antara lain bisa menenangkan otak, menghilangkan stres, merilekskan tubuh, mengurangi sakit kepala, kelelahan dan insomnia.

Semua itu adalah faktor risiko tekanan darah tinggi. Dengan mengendalikan faktor-faktor tersebut, shavasana bisa menurunkan tekanan darah.

4. Cobra pose

Cobra pose atau dikenal juga sebagai Bhujangasana sangat membantu dalam sirkulasi darah dan oksigen. Pose ini juga mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan jantung. Kamu juga bisa meningkatkan fleksibilitas dengan pose ini.

5. Bridge pose

Manfaat yoga untuk menurunkan darah tinggi juga bisa kamu dapatkan dengan melakukan bridge pose. Pose ini menenangkan otak, mengurangi stres, serta bermanfaat untuk mengelola depresi ringan.

Selain tekanan darah tinggi, bridge pose juga baik untuk kesehatan organ perut, paru-paru, mengatasi nyeri haid, kelelahan, sakit kepala dan kecemasan.

Cara Lain Menurunkan Tekanan Darah

Selain rutin berolahraga, perubahan pola makan sehat juga menjadi cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Ada beberapa perubahan pola makan sehat yang perlu kamu terapkan. Misalnya seperti lebih banyak mengonsumsi sayuran dan juga buah, susu rendah lemak, gandum, dan kacang-kacangan.

Hindari terlalu banyak mengonsumsi daging merah serta makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Kurangi mengonsumsi garam dan hindari kebiasaan merokok atau mengonsumsi alkohol.

Tidak hanya itu, sebaiknya kurangi juga mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti teh dan kopi karena dapat memicu tekanan darah.

Selain perubahan gaya hidup, penggunaan beberapa jenis obat hipertensi juga penting untuk menurunkan gejala dan membuat tekanan darah kembali normal. Sebaiknya ikuti saran dokter untuk minum obat penurun tekanan darah agar kesehatan selalu optimal.

About the Author

Jangan menunggu bisa baru melakukan. Tapi lakukanlah. Kamu pasti bisa !
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.